BUPATI PANGANDARAN RESMIKAN RUANG RAWAT KHUSUS RSUD PANDEGA

BUPATI PANGANDARAN RESMIKAN RUANG RAWAT KHUSUS RSUD PANDEGA

HUMAS - Ruang Rawat Khusus RSUD Pangandaran Sehat dan Bahagia (PANDEGA) akhirnya selesai dibangun. Ruang rawat ini menjadi salahsatu pelengkap dari keberadaan gedung dan instalasi RSUD, demikian dikatakan Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata saat meninjau kelengkapan ruang instalasi ini. Jumat, 22/5/2020.

"Tentu ditengah APBD yang defisit, ditengah refocusing dan relokasi anggaran dari pusat, provinsi dan dari PAD kita sangat berkurang, sangat defisit, kita tetap masih memikirkan bagaimana membuat fasilitas yang lengkap di Pangandaran", kata Bupati.

Menurut Bupati, terpisahnya gedung rawat khusus dengan gedung utama, maka semakin terjamin para pasien dari penularan penyakit lain.

"Saya kira hari ini kita bisa lihat kita punya ruangan isolasi khusus untuk penyakit penyakit tertentu baik yang corona, TBC, HIV, hepatitis c, bisa disini, dan tentu terpisah dari gedung utamanya. Jadi lebih baik lebih menjamin satu pola sistem kesehatan dan pelayanan secara keseluruhan yang tidak mengganggu penyakit-penyakit yang khusus, tidak mengganggu penyakit-penyakit yang lain", ujarnya.

Iapun menyampaikan dengan pola ini maka diharapkan pasien tidak akan tertular oleh penyakit pasien lainnya.
"Kan penularan yang paling memungkinkan itu ya itu di rumah sakit, namanya infeksi silang maka dengan pola ini maka kita nanti semakin jauh dari kondisi itu. Saya kira ini sudah bagus", tambahnya.

"Rumah sakitnya bagus, pelayanannya juga bagus, ditambah komitmen warga pangandaran tidak usah mengeluarkan uang, itu yang luar biasa alias gratis", pungkasnya.

Jenis pelayanan dan fasilitas ruang perawatan khusus yang disediakan, diantaranya :

Jenis pelayanan :
1. Poliklinik ISPA;
2. IGD Covid;
3. Rawat inap Covid.


Jenis Fasilitas :
1. Jumlah kamar ada 4 (2 kamar khusus untuk pasien terkonfirmasi covid-19, dan 2 kamar lainnya untuk PDP.). Pada fasilitas ini kamar rawat laki-laki terpisah dengan perempuan;
2. Jumlah tempat tidur ada 9;
3. Jumlah ventilator ada 6;
4. Mushola;
5. Cctv 1, bed 1;
6. Toilet;
7. Sistem tata udara menggunakan HEPA FILTER; 
8. Bed standar ICU dilengkapi timbangan otomatis.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran