PEMDA PANGANDARAN PERSIAPKAN ALAT TES CEPAT MOLEKULER (TCM), UNTUK MEMERIKSA PASIEN COVID-19

PEMDA PANGANDARAN PERSIAPKAN ALAT TES CEPAT MOLEKULER (TCM), UNTUK MEMERIKSA PASIEN COVID-19

HUMAS - Selain membangun ruang rawat khusus RSUD PANDEGA, Pemerintah Kabupaten Pangandaran terus berupaya menyediakan sarana prasarana penunjang lainnya. Kini Pemerintah Kabupaten Pangandaran bersiap untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan dan mempercepat alur pemeriksaan pasien Covid-19 untuk masyarakat Kabupaten Pangandaran.

Pemda Pangandaran melalui Dinas Kesehatan berencana akan membeli peralatan alat pemeriksa, sehingga nanti kalau ada pasien terindikasi covid-19 yang akan diperiksa tak perlu jauh dan mengantri di Labkesda Provinsi Jawa Barat.

"Tes kita akan mulai minggu depan di Pangandaran, dulu terkendala oleh surat izin dari Kemenkes, sekarang tidak usah ada surat izin dari Kemenkes", ujar Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata usai rapat koordinasi, bertempat di Aula Setda Pangandaran. Jumat,  29/5/2020.

Alat tersebut namanya adalah Test Cepat Molekuler (TCM), akurasinya sama dengan PCR.
"TCM namanya, tapi cara kerjanya dan akurasinya sama dengan swab, kita akan mulai minggu depan, jumat sudah bisa disini", tambahnya.

Dengan adanya alat TCM ini, diharapkan bisa semakin mempercepat proses pemeriksaan sampel swab pasien suspek corona yang biasanya menunggu beberapa hari, diharapkan lebih cepat.
"Jadi pagi diambil sampel, malam sekitar jam dua belas, atau jam dua sudah ada hasilnya, sehingga cepat mengambil Iangkah-Iangkah yang di pandang perlu", ujar Bupati.

Dengan adanya TCM ini menurut Bupati akan lebih mempermudah dalam pemeriksaan.
"Kita sedang menyiapkah alatnya, kemarin yang jadi persoalan izin di Kemenkes, sekarang hanya melaporkan saja ke Kemenkes dan Provinsi, sehingga kita punya TCM yang cara kerja dan akurasinya sama dengan swab, sehingga kita menjadi lebih mudah", pungkasnya.

 

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran